Headlines News :
Home » » 'Pemimpin RI Lahir dari Sistem Transaksional'

'Pemimpin RI Lahir dari Sistem Transaksional'

Written By bloggermajalengka on Monday, January 21, 2013 | 2:48 PM

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Ketua Mahkamah Konstitusi Mohammad Mahfud MD menilai pemimpin Indonesia saat ini lahir dari sistem politik transaksional. Karena itu, menurut dia, sulit mencari pemimpin yang tegas dan berani menegakkan hukum.
"Politik kita saat ini saling sandera, penegakan hukum seolah transaksi jual beli. Hal itu terjadi karena rusaknya sistem rekrutmen politik yang berdasarkan transaksi politik yang kotor," katanya di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Senin (21/1).
Menurut dia pada dialog kepemimpinan bertajuk 'Kontribusi UII dalam Menyiapkan Pemimpin Bangsa', ke depan perlu dipikirkan bagaimana menata negara ini agar memiliki kepemimpinan kuat.
"Jangan biarkan negara ini mengalami disorientasi, sehingga tidak tahu mau dibawa ke mana, kemudian timbul ketidakpercayaan dan muncul ketidakpatuhan, dan berujung disintegrasi bangsa," katanya.
Ia mengatakan Indonesia mempunyai modal menjadi bangsa besar. Namun pengelolaan dan kepemimpinan bangsa ini kurang tepat, sehingga tampak masalah serius.
Bangsa Indonesia, kata dia, secara ideologi kuat dengan Pancasila yang tidak akan terkalahkan, secara sosiologis juga kuat, terlihat dari solidaritas bangsa yang tinggi, dan sumber daya alam luas, sehingga secara ekonomi kuat, yang pertumbuhannya terbesar kedua di Asia.
"Persoalan yang perlu kita benahi adalah manajemen pemerintahan dan kepemimpinan," kata Guru Besar Fakultas Hukum UII itu.
Redaktur: Djibril Muhammad
Sumber: Antara
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Majalengka Remaja - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template